Halaman

Kamis, Juni 06, 2013

Gamelan, Arsenal Style

Kalo Gangnam Style sih sudah sering denger ya temen2, yang dinyanyiin sama PSY tuh. Kalo Gamelan, Arsenal Style, apakah pemain sepak bola klub Arsenal main gamelan? Masak iya sih? Hmm, seperti apa ya??



Dalam video tersebut, para pemain Arsenal terlihat memainkan alat musik tradisional Indonesia, yaitu gamelan, di pusat latihan klub. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan tur Asia ke Indonesia, Jepang, dan Vietnam. Para pemain yang terlibat adalah Per Mertesacker, Gervinho, Nacho Monreal, Laurent Koscienly, dan Bacary Sagna. Monreal memainkan gong. Koscienly memukul kendang. Sagna memainkan kempyang. Mertesacker memukul bonang. John Pawson dan Manuel Jimenez sama-sama memainkan saron.

Tim asuhan Arsene Wenger ini akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 14 Juli mendatang dan melakukan pertandingan melawan Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno, Jakarta. Ternyata sebelumnya Arsenal pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 1983. Dan yang paling berkesan adalah ketika tim Niac Mitra Surabaya berhasil mengalahkan The Gunners 2-0 di Stadion 10 November Surabaya. Wah, hebat ya klub sepak bola Indonesia waktu itu..:) Niac Mitra adalah salah satu klub sepak bola Surabaya yang berprestasi selain Persebaya. Namun, pada tahun 1999 Mitra Surabaya terdegradasi dan kemudian dibeli oleh pemilik klub sepak bola Kalimantan dan sekarang menjadi Mitra Kutai Kartanegara.

Wah keren ya, orang luar negeri saja mau main musik tradisional Indonesia. Kita juga jangan mau kalah ya.. Memang sih musik gamelan atau biasa dikenal juga dengan istilah Karawitan, agak rumit dimainkan, ada banyak macamnya. Tapi melodi yang dihasilkan dari berbagai macam alat musik itu enak banget lho. Kami Sisterhood member pernah mencoba memainkannya dalam pelajaran seni musik waktu SMA. Yang paling sulit adalah bonang seperti yang dimainkan oleh Mertesacker dalam video ini, karena merupakan instrumen pokok yang membawakan suatu lagu dan agak ribet letak-letak nadanya.

Oya, buat temen-temen yang pengen tau lebih lanjut mengenai musik gamelan atau karawitan, bisa mengunjungi blog ini. ^.^


Source: Kompas Bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar