Halaman

Senin, Oktober 07, 2013

Tiffany Hwang, Eye-Smiled Girl yang Sederhana



Bulan September lalu, tepatnya tanggal 14, girlband asal Korea Selatan Girls’ Generation atau biasa disebut So Nyeo Shi Dae (SNSD) menggelar konser 2013 Girls’ Generation World Tour - Girls & Peace di Jakarta, yang merupakan konser tunggal perdana SNSD di Indonesia. Walaupun cuma sehari, kedatangan mereka disambut dengan sangat antusias oleh SONE Indonesia. Project-project yang dibuat SONE Indonesia sukses bikin SNSD bilang, “Indonesia daebak!!”

Nah, beberapa minggu sebelum SNSD konser di Indonesia, salah satu membernya, Stephanie Hwang Mi-young atau yang biasa dipanggil Tiffany Hwang, datang ke Indonesia, tepatnya Bali. Dia melakukan kunjungan ke Bali untuk menjalani sesi photoshoot sebuah majalah. Sama seperti member SNSD yang lain, Tiffany punya job individu seperti menjadi model majalah, model iklan produk, MC acara TV, dan sebagainya. Kalau lagi manggung atau menjadi model, Fany seringkali nampak glamor dan terkesan mewah. Namun, di balik itu, ternyata dia adalah orang yang sederhana dan memiliki perencanaan untuk masa depan. Karena itu, majalah Forbes Korea tertarik menampilkan artikel tentang cewek cantik yang terkenal dengan senyum manis “eye smile”-nya ini pada edisi Agustus 2013. Dalam artikel tersebut, Tiffany menceritakan perjalanan karir, motivasi, dan apa yang dia lakukan untuk masa depannya.

Tiffany yang saat itu baru berusia 15 tahun pergi sendirian ke Korea Selatan dari tempat tinggal asalnya di Los Angeles, Amerika untuk menjalani hari-hari sebagai trainee SM Entertainment. Sungguh nggak gampang membuat keputusan besar seperti itu, tapi dia yakin bahwa itulah jalan yang harus ditempuh demi mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi, seperti yang diungkapkannya dalam film SMTown I AM, “Aku pindah ke Korea 3 minggu setelah mendapat tawaran dan tidak pernah menoleh kembali. Aku sangat yakin inilah yang kuinginkan”. Sebagai seorang trainee, tiap hari Tiffany harus menjalani latihan vokal, dance, kelas akting, dan bahasa. Dalam artikel tersebut juga diceritakan bahwa selain menjalani latihan, Tiffany juga mengajar bahasa Inggris, karena dia tidak punya cukup uang sementara itu dia harus mandiri. 

Kerja kerasnya dalam berlatih selama 3 tahun akhirnya terbayar dengan debutnya bersama SNSD pada tahun 2007. Meski SNSD sudah berkembang dari group rookie menjadi idol star yang sangat populer, ketika perform terkadang mereka juga melakukan kesalahan dan kekurangan. Sialnya, Tiffany yang paling sering ketahuan. Tiffany yakin bahwa semakin rajin berlatih, hasilnya akan semakin baik. Jadi, tiap selesai perform, dia selalu mencatat bagian mana yang menurutnya perlu dilatih lagi.

Karena lahir dan besar di Amerika dan terbiasa memakai bahasa Inggris, awalnya Tiffany mengalami kendala dalam berkomunikasi, sehingga dia harus berjuang mempelajari dan memperdalam bahasa Korea. Di awal debutnya, anggota subgroup SNSD TaeTiSeo ini pernah menjadi bahan tertawaan karena salah menyebut julukan dirinya “brighter than jewels” menjadi “brighter than mushrooms” karena kemiripan kedua kata itu dalam bahasa Korea. Selain itu, karena belum terbiasa dengan budaya Korea yang penuh dengan aturan, Tiffany sering dianggap kurang sopan sehingga muncul banyak anti-fansnya. Poor Fany :(.. Namun, sekarang Tiffany sudah terbiasa dengan budaya Korea dan juga sudah lancar bahasa Koreanya, sehingga dia dipercaya menjadi MC acara TV dan konser serta bergabung dengan drama musikal “Fame”.

Sekarang SNSD menjadi girlband yang sangat populer dan mendunia, bahkan menjadi selebriti paling berpengaruh di Korea menurut Forbes Korea, dengan penghasilan yang fantastis tentunya, belum lagi ditambah dengan penghasilan individu setiap membernya, mereka mampu membeli barang yang mereka inginkan dari hasil kerja kerasnya. Ketika menjadi bintang tamu SBS ‘Strong Heart’ Tiffany bercerita bahwa baru membeli sebuah mobil berwarna pink. Ketika ditanya MC apakah mobilnya seperti milik Paris Hilton, ia menjawab bahwa mobilnya tidak semahal itu, “Haha. Ya, tapi tanpa beberapa nol ya. Aku beli compact car.”  Ternyata mobil yang dibeli Fany adalah Chevrolet Spark warna pink yang harganya nggak terlalu mahal (bandingkan dengan mobil yang dimiliki rekan-rekan SNSDnya). Tiffany bilang bahwa dia masih muda nggak perlu mobil mewah, lagi pula dia nggak berkendara jauh-jauh, lebih baik uangnya ditabung untuk masa depan.
                            
Selain itu, Tiffany juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial. Akhir tahun lalu, ia menjadi duta kehormatan organisasi non-profit Global ROPE yang terdaftar di bawah Kementrian Perdagangan dan Urusan Luar Negeri, yang menyediakan pelatihan pendidikan dan kesejahteraan anak-anak yang membutuhkan di seluruh dunia. Membantu orang lain yang membutuhkan menjadi salah satu alasannya untuk bekerja keras dan menabung. Tiffany mengungkapkan bahwa ia ingin pergi ke Afrika menjadi sukarelawan untuk membantu para manula dan anak-anak yang kelaparan, tapi untuk saat ini masih belum bisa karena padatnya jadwal pekerjaannya.

Tiffany juga peduli akan masa depannya dengan berinvestasi. Tiffany merupakan klien dari sebuah perusahaan jasa perencanaan keuangan Seoul MetLife HO&F. Perusahaan tersebut menangani asset sekitar 500 klien pribadi, termasuk selebriti dan bintang olahraga terkenal. Branch manager Song Junho membantunya dalam belajar berinvestasi, mulai dari membuat checking account, mendaftar asuransi, dan mengajarkan tips dasar investasi. Tiffany mau belajar dan cepat memahami, dia melakukan sendiri dari awal, nggak seperti kebanyakan selebritis yang mempercayakan dananya kepada PB (Prime Brokerage?). Karena Tiffany adalah seorang artis yang biasanya memperoleh banyak penghasilan pada suatu waktu tertentu, manager Song menyarankan untuk mengelola dananya dalam portfolio, sehingga bisa mengantisipasi kebutuhan finansial masa depan baik untuk kepentingan pribadi maupun menunjang kegiatan amal yang dilakukannya.
        
Wah, Tiffany eonni keren banget ya.^^d Walaupun masih muda, dia lebih suka hidup sederhana dan sudah memikirkan planning untuk masa depannya. Nggak hanya buat kepentingannya sendiri, Fany juga memperhatikan orang lain yang nasibnya nggak seberuntung dirinya.:)


Source: Soshindo, Soshified, SMTown I AM Movie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar