Halaman

Sabtu, Agustus 11, 2012

Google History

Temen2, kalo kalian mau cari bahan buat tugas sekolah/kuliah ato sekedar pengen cari info di internet, apa yang biasanya kalian lakukan? Tanya sama Mbah Google ya? Hehehe...:D Yap, Google merupakan mesin pencari (search engine) yang sangat populer saat ini. Dengan Google, hampir semua pertanyaan kita dapat kita temukan jawabannya. Produknya sekarang nggak sekedar search engine, tapi sudah berkembang jadi berbagai macam produk seperti Google Adwords, Gmail, Google Image Search, Google Translator, Google Docs, Google Map, Google Chrome, hingga situs jejaring sosial Google+.

Page, Schmidt, Brin
Awalnya Google ini dibuat bukan untuk publik lho, hanya sekedar project tesis kedua pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa PhD Stanford University. Mereka tertantang untuk menyelesaikan permasalahan besar dalam dunia teknologi informasi yaitu bagaimana menemukan informasi di internet secara tepat. Teknologi pencari saat itu tidak dapat mengurutkan halaman web yang memuat kata yang dicari. Pada Januari 1996, Page dan Brin mulai berkolaborasi dalam mengembangkan search engine yang bernama BackRub yang merupakan cikal bakal Google. Search engine tersebut menggunakan sistem ranking yang dinamakan PageRank. BackRub kemudian diubah menjadi Google, yang diambil dari istilah Googol, artinya sejumlah bilangan yang terdiri dari angka 1 diikuti oleh seratus angka 0. Akhirnya search engine buatan mereka digunakan oleh Stanford University untuk kepentingan internal kampus.



Tidak puas dengan pencapaian tersebut, Page dan Brin bermimpi untuk menjadikan Google dapat digunakan oleh seluruh masyarakat. Mereka menawarkan ke beberapa perusahaan pengembang search engine, berharap ada yang mau membeli patennya, sementara itu mereka dapat berkuliah dan menyelesaikan studinya. Setelah mengalami berbagai penolakan, akhirnya mereka mengambil keputusan besar untuk mengubah Google dari project tesis menjadi sebuah perusahaan mesin pencari yang terbaik. Namun, konsekuensinya mereka tidak dapat menyelesaikan studinya karena harus bekerja keras demi menyempurnakan Google.

Sementara itu, mereka juga harus menghimpun dana untuk mendanai upaya tersebut. Akhirnya teman kampus mereka, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems memberikan sebuah cek senilai 100 ribu dolar US, tetapi atas nama Google Inc padahal saat itu masih belum terbentuk perusahaannya. Page dan Brin harus bekerja keras memperoleh dana untuk mendirikan perusahaan tersebut. Akhirnya, dengan dukungan dari rekan-rekannya, Google Inc. resmi didirikan pada 7 Septembar 1998 di Menlo Park, California.

Layanan pencarian informasi secara gratis yang ditawarkan oleh Google membuat Page dan Brin berpikir keras bagaimana cara memperoleh dana untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaannya. Bersama sang CEO, Eric Schmidt, akhirnya mereka mengembangkan inovasi periklanan online yang biayanya dipungut berdasarkan klik pengunjung situs yang kemudian menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan Google.
Di saat krisis akhir dekade 1990-an, banyak perusahaan teknologi besar yang terpaksa tutup karena tidak menguntungkan lagi. Namun, Google, perusahaan yang masih muda ini justru dapat bertahan dari krisis dan pendapatannya meningkat tajam. Pada April 2004 Google melakukan IPO (Initial Public Offering) dan menjadi perusahaan go public. Google merupakan tempat kerja yang nyaman dan yang sangat diidamkan bagi banyak orang karena Google memberikan kebebasan bagi karyawannya untuk menggali ide-ide dan berinovasi, yang dapat dikembagkan menjadi produk-produk baru. Hal itu sesuai dengan moto mereka, “Don’t be Evil”.

Yah, seperti gitu sekilas dari kisah Google. Kalo temen2 pengen tau lebih detail sejarah Google ini, temen2 bisa baca buku “Kisah Sukses Google (The Google Story)” karangan David A. Vise dan Mark Malseed..^^
 
Oya, hal yang menarik lainnya dari Google adalah logonya. Logo Google berwarna-warni yang eye catching dengan background warna putih. Logo tersebut mengalami evolusi dari kemunculan awalnya dengan font yang bold, selanjutnya dengan tanda seru seperti logo Yahoo!, kemudian dengan font yang lebih ramping hingga sekarang. Terkadang waktu kita buka Google, kita nggak temui logo yang seperti ini, tapi dengan tema-tema khusus sesuai event tertentu. Misalnya saat ultah Google yang ke-13 tahun 2011 seperti ini:

13th Anniversary Doodle
Burning Man Doodle
Inilah yang disebut dengan Google Doodle. Google Doodle pertamakali diperkenalkan saat festival Burning Man pada tahun 1998 yang didesain oleh Page dan Brin. Tujuannya saat itu adalah untuk memberitahukan kepada user bahwa seluruh staff Google sedang pergi ke festival Burning Man. Logo tersebut mendapat sambutan dari user. Kemudian Dennis Hwang ditunjuk untuk mendesain Google Doodle selanjutnya.

Google juga nggak ketinggalan ngeramein event Olimpiade London 2012 ini. Google secara khusus membuat  Google Doodle yang berbeda-beda setiap harinya. Contohnya saat upacara pembukaan (Opening Ceremony) 27 Juli 2012.
 
Nah, kemudian kita bisa mencoba jadi atlet lewat game Google Doodle yang di-launch pada tanggal 7-10 Agustus 2012. Game tersebut adalah: Hurdles (7 Agustus), Basketball (8 Agustus), Slalom Canoe (9 Agustus), dan Soccer (10 Agustus).



dan ini buat closing ceremony-nya (12 Agustus 2012)...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar